jump to navigation

Doa di Akhir Tahun December 30, 2008

Posted by tantikris in poem.
16 comments

calendar

 

 

 

 

 

 

Ya Tuhan, Allah Yang Maha Baik,  

Kurasakan begitu cepatnya waktu  berlalu

Berbagai kisah telah mewarnai lembaran hari-hariku

Sampainya aku di akhir tahun ini membuatku  termangu,

Saat ini aku merenung, memohon ampun dan tertunduk malu

 

Kuingat betapa seringnya aku mengeluh, memohon ini dan itu,

tapi kurang menyadari betapa berlimpahnya berkatMu

Terkadang bila kesibukan menyita waktuku,

kuabaikan doa dan waktu teduhku bersamaMu

 

Tapi Engkau tetap setia ya Tuhan,

KasihMu tak berkesudahan

Saat kuhitung berkat yang telah Tuhan berikan,

betapa banyaknya hingga tak terkatakan

(more…)

Blue Christmas December 22, 2008

Posted by tantikris in poem.
17 comments

natal1

 

 

 

 

 

 

I’ll have a blue Christmas without you

I’ll be so blue thinking about you
Decorations of red on a green Christmas tree
Won’t be the same dear if you’re not here with me

 And  when those blue snowflakes start falling
That’s when those blue heartaches start calling
You’ll be doing alright with your Christmas of white

but I’ll have a blue, blue Christmas

 

This song sounds so familiar for me since I was a kid.

Every December my Dad used to play this recording and he always did

It used to be just a song Jim Reeves sang for us

but at present the lyrics really mean something for us

I’ll have a blue Christmas this December

It will be such a moment a little bit hard to remember

(more…)

Buah Semangka Berdaun Sirih December 20, 2008

Posted by tantikris in reflection.
17 comments

semangka2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pagi ini aku mendapatkan sebuah kejutan !

Lihat foto diatas itu? Itu adalah foto pohon semangka yang buahnya masih sangat imut dan sedang berkembang untuk jadi besar dan matang. Aku belum pernah lihat pohon semangka sebelumnya. Yang membuatku surprised adalah pohon semangka itu tumbuh di halaman depan rumahku padahal aku tidak merasa pernah menanamnya dan baru kusadari keberadaannya setelah buahnya tumbuh sebesar itu!

 

Kok bisa sih aku nggak tahu?.

Kupikir-pikir lagi, sejak pertengahan Oktober lalu kami memang sangat sibuk karena ada beberapa kegiatan dan peristiwa yang membuat sering meninggalkan rumah beberapa hari. Kalaupun sedang ada dirumah, sepulang kerja lebih banyak menghabiskan waktu dengan kegiatan domestik di dalam rumah. Menyiram tanamanpun hampir tak pernah lagi kulakukan akhir-akhir ini karena turun hujan hampir tiap sore. Sebenarnya ada pak War, tukang kebun yang sebulan sekali datang membantu memotong rumput dan merawat tanaman, tapi sudah dua bulan ini kami tidak sempat bertemu dengannya jadi mungkin diapun tidak sempat memberitahukannya pada kami akan temuan ini.

 

Mungkin juga aku tidak terlalu memperhatikan karena tanaman itu tumbuh di luar pagar rumahku, di dalam berem (aduh, apa sih istilahnya, itu lho sebidang tanah di luar pagar rumah yang ditepinya disemen dan di cat seragam belang putih-hitam sisa acara tujuh belasan, bulan Agustus lalu) tepat disebelah tempat sampah yang terbuat dari semen dengan tutup kayu.  Tak habis pikir dan dengan takjub aku mengamati tanaman ini. Buahnya yang imut dan sedang tumbuh itu tertutup oleh daun-daunnya sehingga tak terlihat dari jauh. Hai semangka imut, mulai sekarang kami akan merawatmu sampai besar nanti. Aih… pagi-pagi dapat rejeki nih.

 

Kok bisa ya dia tumbuh disitu? (more…)

What a Small World December 15, 2008

Posted by tantikris in story.
17 comments

Waktu masih SD dulu, aku sangat antusias waktu pelajaran ilmu bumi, bisa melihat peta kota dimana aku tinggal bahkan tempat-tempat lain di Indonesia. Apalagi saat melihat bola dunia, wah, sangat menakjubkan untukku, membayangkan bahwa di bagian lain di belahan bumi ini ada negara-negara lain yang punya berbagai karakteristik tempat dan budaya yang beragam. Sering aku berpikir kapan ya aku bisa sampai kesana? Dunia terasa sangat luas dan sulit untuk bisa terjangkau.

 

Waktu klas 5 SD aku sempat ikut program sahabat pena dari suatu majalah anak-anak, disana aku punya beberapa teman dari kota lain. Buatku itu adalah sesuatu yang sangat istimewa bahwa aku bisa punya komunikasi dengan teman yang tinggal ditempat-tempat yang jauh tadi tanpa aku harus kesana, hanya dengan bersurat-suratan. Aku mulai berpikir, dunia memang luas tapi jarak yang jauh rupanya bukan kendala.

Konsep bahwa dunia yang luas bisa terasa lebih ‘sempit’ dengan adanya berbagai sarana ini baru aku pikirkan dan rasakan lagi setelah pertengahan tahun 90-an. Ini adalah sejak interconnected networking alias internet yang awalnya hanya kuketahui lewat berbagai sumber informasi itu mulai merambah kehidupan keseharianku. Internet kurasakan sangat membantu dalam pekerjaan dan studiku. Jurnal ilmiah terkini dan artikel perkembangan ilmu bahkan komunikasi langsung dengan penulisnya dapat kuakses dengan mudah. Rasanya bagaikan memasuki perpustakaan besar klas dunia yang bisa kucapai dengan sebatas menyalakan komputer dan menghubungkannya dengan jaringan internet. Jarak bukan lagi kendala, rasanya dunia tak lagi terlalu luas (more…)

A Fish Called Wanda December 9, 2008

Posted by tantikris in story.
9 comments

“A fish called Wanda” itu judul film komedi (tahun 80-an akhir or awal 90-an, agak lupa2 ingat deh..udah lama). Bintangnya Jamie Lee Curtis & Kevin Kline, ceritanya sih bukan tentang ikan, tapi kalau ceritaku kali ini adalah tentang ikan beneran..

 

Di halaman depan rumah kami punya kolam kecil dari satu tempayan tanah liat,

diisi dengan teratai kecil cantik warna kuning dan ungu,

dihuni beberapa ikan koki yang perutnya gendut dan ekornya berjuntai,

Kok ikan koki? Ikan koki bukannya musti dipelihara di akuarium?

 

Nah, itu dia… sebenernya kami ini sama sekali nggak tahu tentang memelihara ikan. Berawal dari iseng  tujuh tahun lalu, kami ingin mempercantik kolam teratai itu dengan ikan. So, kami beli di tukang ikan hias pinggir jalan, Rp. 5000 dapet ikan kecil-kecil satu plastik …lalu byur… masukin aja mereka dalam kolam dan kasih makan tiap pagi. Tidak terlalu berharap, syukur-syukur mereka bisa hidup, kalau nggak ya udah…

 

Eh… amazing, mereka survive !! …

(more…)

Pilihlah Aku Jadi…………….. December 1, 2008

Posted by tantikris in reflection.
19 comments

Pilihlah aku jadi pacarmu

Yang slalu setia menemanimu

Jangan kau salah pilih yang lain

Yang lain belum tentu setia

Jadi pilihlah aku…..

 

Waktu kau mau memilih seseorang untuk jadi pacarmu, apa yang jadi pertimbanganmu?

Iya sih, pasti karena jatuh cinta, tapi apa yang membuatmu jatuh cinta?

Tertarik karena wajah dan penampilannya? Tutur kata, sikap dan perhatiannya?

Kau memilihnya karena ada  “sesuatu” yang ada pada dirinya yang membuatmu hatimu tertambat

 

Waktu kau memilih teman, ada jugakah pertimbanganmu?

Ada sekian banyak orang yang kau kenal tapi dengan orang-orang tertentu kau bisa cocok, kenapa? Mungkin karena kalian punya pemahaman, cara pandang atau hobi dan minat yang sama. jadilah kalian saling berteman, bersahabat.

(more…)